PERKEMBANGAN MOBIL
A. Periodisasi mobil dari masa kemasa
Mobil pertama dengan prinsip kendaraan
bermotor berhasil ditemukan pada tahun 1769. Penemunya adalah Nicholas Joseph
Cugnot (1725-1804), dengan mobil bermesin tenaga uap air. Kemudian teknologi
mesin uap ini lebih banyak digunakan sebagai tenaga penggerak lokomotif kereta
api. Seperti roda mobil, revolusi mesin penggerak kendaraan terus
menggelinding. Setelah temuan mesin uap, kini giliran mesin dengan tenaga uap
minyak bumi yang diterapakan untuk menggerakkan kendaraan.
Kendaraan tenaga uap pertama dibuat
pada akhir abad 18. Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses
mendemonstrasikan kendaraan tersebut pada tahun 1769. Kendaraan pertama
menggunakan tenaga mesin uap, mungkin peningkatan mesin uap yang paling
dikenal, dikembangkan di Birmingham, Inggris oleh Lunar Society.
Pada
tahun 1804, Kendaraan pertama yang menggunakan
tenaga mesin uap dibuat pada akhir abad 18. Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses
mendemonstrasikan kendaraan tersebut pada tahun 1769. Peningkatan mesin uap
paling dikenal dikembangkan di Birmingham, Inggris oleh Lunar Society. Di
Birmingham pun mobil tenaga bensin pertama kali dibuat di Britania pada tahun
1896 oleh Frederick William Lanchester. Paten mobil pertama di Amerika Serikat
diberikan kepada Oliver Evans pada 1789. Pada tahun 1804 Evans
mendemonstrasikan mobil pertamanya di AS, yang juga merupakan kendaraan amfibi
pertama yang kendaraan tenaga-uapnya sanggup jalan di darat menggunakan roda
dan di air menggunakan roda padel.
Tahun 1883, Benz membuka
perusahaan baru yang memproduksi mesin-mesin industri. Dengan cepat perusahaan
itu berkembang menjadi besar dan mulai memproduksi mesin berbahan bakar bensin.
Kesuksesan perusahaannya memberikan kesempatan kepada Benz untuk mulai
mewujudkan mimpinya, yaitu kereta tanpa kuda. Saat Motorwagen di buat dan di
uji, banyak orang yang tertawa mengejek karena mobil pertama tersebut
sering menabrak tembok karena sangat sulit untuk dikendalikan. Tetapi setelah
Motorwagen disempurnakan dan mulai di ujikan di jalan raya, perhatian orang
menjadi tertuju pada kereta tanpa kuda itu. Motorwagen menjadi cikal-bakal dari
mobil modern yang kita kendarai sekarang.
Pada
tahun 1889-1894, mesinnya digerakkan
oleh uap minyak bumi. Sesuatu yang mustahil berhasil diwujudkan oleh Henry. Ia
berhasil membuat mobil pertama dalam peradaban manusia, yang mesinnya
digerakkan uap minyak bumi.
Pada tahun 1920-an, Karl
Benz membikin mobil beroda tiga, dengan tekun terus menyempurnakan mobilnya dan
dalam beberapa tahun berhasil memasarkannya. Mobil Benz dapat melaju Tokoh
Ilmuwan Penemu - http://www.tokoh-ilmuwan-penemu.com dalam kecepatan mesin di
bawah 400 putaran per menit, ini sudah memadai untuk dianggap mobil praktis
Pada
tahun 1930-an, pengemudian roda-depan diciptakan
kembali oleh Andre Citron dalam peluncuran Traction Avant pada 1934, meskipun
teknologi ini sudah muncul beberapa tahun sebelumnya dalam mobil yang dibuat
oleh Alvis dan Cord, dan di dalam mobil balap oleh Miller.
Pada
tahun 1940-an,
B. Teori Sains yang Digunakan
Pada mobil terdapat banyak teori-teori
sains yang digunakan, antara lain: Tekanan gas hasil pembakaran bahan
bakan dan udara akan mendorong torak yang dihubungkan dengan poros engkol
menggunakan batang torak, sehingga torak dapat bergerak bolak-balik
(reciprocating). Gerak bolak-balik torak akan diubah menjadi gerak rotasi oleh
poros engkol (crank shaft). Dan sebaliknya gerak rotasi poros engkol juga
diubah menjadi gerak bolak-balik torak pada langkah kompresi Berdasarkan cara menganalisa
sistim kerjanya, motor diesel dibedakan menjadi dua, yaitu motor diesel yang menggunakan sistim airless
injection (solid injection) yang dianalisa dengan siklus dual dan motor diesel
yang menggunakan sistim air injection yang dianalisa dengan siklus diesel
(sedangkan motor bensin dianalisa dengan siklus otto)
Perbedaan
antara motor diesel dan motor bensin yang nyata adalah terletak pada proses pembakaran bahan bakar, pada
motor bensin pembakaran bahan bakar terjadi karena adanya loncatan api listrik
yang dihasilkan oleh dua elektroda busi (spark plug), sedangkan pada motor
diesel pembakaran terjadi karena kenaikan temperatur campuran udara dan bahan
bakar akibat kompresi torak hingga mencapai temperatur nyala. Karena prinsip
penyalaan bahan bakarnya akibat tekanan maka motor diesel juga disebut
compression ignition engine sedangkan motor bensin disebut spark ignition
engine.
Ketika
udara dikompresi suhunya akan meningkat (seperti dinyatakan oleh Hukum
Charles), mesin diesel menggunakan sifat ini untuk proses pembakaran. Udara
disedot ke dalam ruang bakar mesin diesel dan dikompresi oleh piston yang
merapat, jauh lebih tinggi dari rasio kompresi dari mesin bensin. Beberapa saat
sebelum piston pada posisi Titik Mati Atas (TMA) atau BTDC (Before Top Dead
Center), bahan bakar diesel disuntikkan ke ruang bakar dalam tekanan tinggi
melalui nozzle supaya bercampur dengan udara panas yang bertekanan tinggi.
Hasil pencampuran ini menyala dan membakar dengan cepat. Penyemprotan bahan
bakar ke ruang bakar mulai dilakukan saat piston mendekati (sangat dekat) TMA
untuk menghindari detonasi. Penyemprotan bahan bakar yang langsung ke ruang
bakar di atas piston dinamakan injeksi langsung (direct injection) sedangkan
penyemprotan bahan bakar kedalam ruang khusus yang berhubungan langsung dengan
ruang bakar utama dimana piston berada dinamakan injeksi tidak langsung
(indirect injection)
Ledakan tertutup ini menyebabkan gas
dalam ruang pembakaran mengembang dengan cepat, mendorong piston ke bawah dan
menghasilkan tenaga linear. Batang penghubung (connecting rod) menyalurkan
gerakan ini ke crankshaft dan oleh crankshaft tenaga linear tadi diubah menjadi
tenaga putar. Tenaga putar pada ujung poros crankshaft dimanfaatkan untuk
berbagai keperluan. Untuk meningkatkan kemampuan mesin diesel, umumnya
ditambahkan komponen:
1. Turbocharger
atau supercharger untuk memperbanyak volume udara yang masuk ruang bakar karena
udara yang masuk ruang bakar didorong oleh turbin pada turbo/supercharger.
2. Intercooler
untuk mendinginkan udara yang akan masuk ruang bakar. Udara yang panas
volumenya akan mengembang begitu juga sebaliknya, maka dengan didinginkan bertujuan
supaya udara yang menempati ruang bakar bisa lebih banyak.
Mesin diesel sulit untuk hidup pada
saat mesin dalam kondisi dingin. Beberapa mesin menggunakan pemanas elektronik
kecil yang disebut busi menyala (spark/glow plug) di dalam silinder untuk memanaskan
ruang bakar sebelum penyalaan mesin. Lainnya menggunakan pemanas
"resistive grid" dalam "intake manifold" untuk
menghangatkan udara masuk sampai mesin mencapai suhu operasi. Setelah mesin
beroperasi pembakaran bahan bakar dalam silinder dengan efektif memanaskan
mesin.
Dalam cuaca yang sangat dingin,
bahan bakar diesel mengental dan meningkatkan viscositas dan membentuk kristal
lilin atau gel. Ini dapat mempengaruhi sistem bahan bakar dari tanki sampai
nozzle, membuat penyalaan mesin dalam cuaca dingin menjadi sulit. Cara umum
yang dipakai adalah untuk memanaskan penyaring bahan bakar dan jalur bahan
bakar secara elektronik.
Untuk aplikasi generator listrik,
komponen penting dari mesin diesel adalah governor, yang mengontrol suplai
bahan bakar agar putaran mesin selalu para putaran yang diinginkan. Apabila
putaran mesin turun terlalu banyak kualitas listrik yang dikeluarkan akan
menurun sehingga peralatan listrik tidak dapat berkerja sebagaimana mestinya,
sedangkan apabila putaran mesin terlalu tinggi maka bisa mengakibatkan over
voltage yang bisa merusak peralatan listrik. Mesin diesel modern menggunakan
pengontrolan elektronik canggih mencapai tujuan ini melalui elektronik kontrol
modul (ECM) atau elektronik kontrol unit (ECU) - yang merupakan "komputer"
dalam mesin. ECM/ECU menerima sinyal kecepatan mesin melalui sensor dan
menggunakan algoritma dan mencari tabel kalibrasi yang disimpan dalam ECM/ECU,
dia mengontrol jumlah bahan bakar dan waktu melalui aktuator elektronik atau
hidrolik untuk mengatur kecepatan mesin.
C. Kontribusi Matematika pada Mobil
Adapun kontribusi matematika pada
penggunaan mobil adalah ketika kita ingin menentukan kecepatan mobil tersebut.
Dengan mengetahui kecepatan, kita juga bisa mengetahui percepatannya dengan cara
menurunkannya. Begitu juga sebaliknya, jika kita ingin mengetahui kecepatannya,
maka percepatannya diintegralkan.
Kontribusi lainnya adalah jika kita
ingin mengetahu besarnya kalor yang masuk dalam suatu mesin, dibutuhkan
persamaan fisika namun didalam pemanfaatanya dalam proses kerja mesin kalor di
butuhkan persamaan matematika dalam menentukan proses-proses yang dilakukan
mesin kalor.
D. Manfaat Mobil
Manfaat
mobil untuk melancarkan aktifitas, memudahkan kita dalam bepergian jarak jauh.
Selain itu saat ini mobil bukan hanya sebagai alat transportasi saja, tetapi
sekarang mobil menjadi gaya hidup dan alat ukur status sosial dalam
bermasyarakat. Mobil sangat membantu dalam menjalani kegiatan kehidupan sehari
hari, contohnya di suatu pasar mobil berguna mengangkut barang dagangan dalam
pendistribusian. Untuk memiliki sebuah mobil tidaklah mudah, maka dari itu
mobil bisa menjadi alat ukur status sosial semakin bagus mobil atau saemakin
banyak jumlah mobil yang dimiliki maka bisa diketahui harta kekayaan
seseorang.
Selain
itu ada juga manfaat lainnya dari segi sosial dan kesenangan, menaikkan
prestige pemiliknya dan sebagai ajang olahraga. Jika mempunyai keahlian khusus
dalam menggunakan mobil, gunakan keahlian tersebut dengan baik contohnya
menjadi pembalap, jika berprestasi dalam tingkat internasional maka kita dapat
pahlawan dan mengharumkan nama bangsa di negeri orang.
E. Dampak Negatif Mobil
Dampak
negative dari penggunaan mobil adalah
kita harus mengeluarkan uang untuk membeli bahan bakar, bahan bakar jika
diambil terus menerus dari perut bumi maka minyak bumi akan habis di masa yang
akan datang jika minyak bumi habis mau tidak mau kita kembali memakai kendaraan
tanpa bahan bakar minyak atau pun kendaraan bertenaga surya. Selain itu, asap
yang ditimbulkan menyebabkan polusi udara yang juga disebut rumah kaca yang
membuat atmosfer di langit menjadi tipis sehingga tidak dapat menahan panas
matahari sehingga menjadi pemanasan global yang membuat pendingin bumi yaitu
kutub utara dan kutub selatan menipis yag dapat menjadi bencana dunia. Sinar UV
yang harusnya memantulkan keluar lapisan atmosfer, tapi karena ada selimut
panas malah terserap balik ke bumi karena polusi, maka bumi kita semakin panas.
Dari
segi negatifnya kalau kita memilii keahlian tapi tidak digunakan dalam tempat
yang benar maka akan mendatangkan kerugian bagi orang lain dan diri sendiri,
contohnya balapan liar, selain mengganggu ketertiban, balapan liar juga
membahayakan diri sendiri karena keamanan tidakterjamin. Sisi negatif mobil
dari segi kegunaan mobil yaitu kita menjadi malas, membuat badan kita sedikit
bergerak dan mudah sakit karena tidak berkeringat, kurangi pemkaian mobil dan
sering-sering olahraga agar tidak mudah sakit.
Dari
segi sosial mobil juga dapat memberi dampak negatif, di negeri ini masih banyak
orang miskin banyak orang yang tidak mampu untuk membeli mobil atau membeli
mobil bagus. Perbedaan kelas-kelas sosial tersebut bisa menjadi dampak yang
tidak baik yang bisa melahirkan kekacauan dan tindak kriminal, banyaknya
pencurian mobil, pembunuhan dan perampasan pada pemilik mobil adalah akibat
dari kecemburuan sosial yang ada disekitar kehidupan bermasyarakat.
Adapun
menurut sumber lain, dampak negative dari mobil adalah:
1. Jika
kepemilikan tidak dibatasi maka akan menimbulkan kemacetan dan kebisingan
2. Semakin banyak kendaraan bermotor akan
menyebabkan polusi udara
3. Polusi
udara yang ditimbulkan akan berdampak pada kesehatan masyarakat. Dalam jangka
pendek, maka akan menimbulkan gangguan saluran pernafasan seperti batuk, asma,
iritasi penglihatan, kerusakan organ paru- paru, dan lain- lain. Sedangkan
dalam jangka panjang akan menimbulkan penurunan daya refleks dan visual
4. Gas
buang dari kendaraan bermotor akan menimbulkan efek rumah kaca yang membuat
bumi makin terasa panas
5. Kemacetan
yang terjadi akan membuat kerugian finansial dan kerugian waktu
6. Kebisingan
yang ditimbulkan dalam jangka pendek akan membuat orang stress dan dalam jangka
panjang akan menyebabkan gangguan pendengaran
7. Masyarakat
semakin malas untuk bergerak, akibatnya aduhh berat badanku kok gak turu-
turun
8. Kecelakaan
dan pelanggaran lalu lintas meningkat
9. Pemborosan
penggunaan bahan bakar
F. Solusi dari Dampak Negatif Mobil
Seperti yang dijelaskan di atas, banyak
dampak negative yang ditimbulkan dari keberadaan mobil. Oleh karena itu, solusi
yang dapat ditempuh antara lain:
1. Penggunaan
kembali kendaraan umum. Mungkin sebagian orang kurang merasa nyaman naik
kendaraan umum karena masalah keamanan dan akses. Ini yang menjadi PR
pemerintah yaitu meningkatkan keamanan fasilitas umum dan memperluas akses
kendaraan umum
2. Pembatasan
kepemilikan kendaraan pribadi dan pengaturan sistematika penjualan kendaran
pribadi
3. Penyediaan
fasilitas pejalan kaki berupa trotoar dan penyebrangan yang nyaman dan aman
4. Penyediaan
jalur sepeda kayuh yang nyaman dan aman
5. Mengurangi
jumlah perjalanan dengan manajemen transportasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar